kualitasprimasertifikasi.com Strategi Efektif dengan Program Praktik K3 di Tempat Kerja

Strategi Efektif dengan Program Praktik K3 di Tempat Kerja

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) telah mengadakan acara sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran tentang budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Bagi para tenaga kerja yang terlibat dalam proses bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), pada hari Rabu, tanggal 7 Juni 2023. Acara ini diadakan di Gedung Barunawati dengan tujuan utama memperkenalkan pentingnya praktik K3 yang tepat kepada para pekerja agar mereka dapat bekerja dengan aman dan mengurangi risiko cedera dalam lingkungan kerja mereka.

SPMT, bagian dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang fokus mengelola terminal nonpetikemas di Indonesia, menyelenggarakan acara di Terminal Jamrud Nilam Mirah (Jamila) di Surabaya. Acara ini diikuti oleh 110 Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM).

Ini adalah bagian dari upaya mereka untuk meningkatkan kesadaran akan budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di antara para pekerja yang terlibat dalam proses bongkar muat.

Dalam acara tersebut, dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara TKBM Pelabuhan Tanjung Perak untuk menegakkan disiplin dalam menerapkan budaya K3 di lingkungan pelabuhan.

Selain itu, SPMT juga membagikan secara simbolis alat pelindung diri (APD) kepada para pekerja pelabuhan. Branch Manager SPMT Terminal Jamrud Nilam Mirah, Made Rusli, menjadi perwakilan yang memberikan APD kepada para pekerja.

Senior Vice President (SVP) Sekretariat Perusahaan SPMT, Fiona Sari Utami, menyatakan bahwa sosialisasi ini adalah bagian dari komitmen SPMT dalam mengedepankan budaya keselamatan kerja di lingkungan pelabuhan, baik untuk kepentingan internal maupun eksternal.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan yang diemban oleh SPMT.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran seluruh peserta terhadap keselamatan dan kesehatan di area Pelabuhan yang dikelola oleh SPMT,” ungkap Fiona dalam pernyataan pers yang diterima oleh Kompas.com pada hari Rabu.

Kepala Seksi Fasilitas dan Pengawasan Operasional Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Eka Cakrawala, yang turut hadir juga memberikan sambutan positif terhadap kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini penting untuk meningkatkan kesadaran semua pihak agar dapat berperan serta secara aktif dalam menerapkan budaya praktik K3 di Pelabuhan Tanjung Perak,” ujar Eka.

Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh Ketua 1 Koperasi TKBM Tanjung Perak, Akhmad Kholik.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi yang terus-menerus dari SPMT, para pekerja pelabuhan di Terminal Jamrud Nilam Mirah dapat lebih memperhatikan keselamatan saat bekerja. Terutama karena mereka juga merupakan tulang punggung keluarga,” ujar Akhmad.

Dalam sosialisasi budaya K3 tersebut, materi disampaikan oleh Vice President Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) SPMT, Muhammad Haris, perwakilan dari Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Kapten Dewi Sartika, dan perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim, Lili Sutanti.

Source : Kompas.com